WOW! Bisnis Warteg Ternyata Omsetnya Menggiurkan!

binapayment.com – Warung tegal atau warteg sudah ada di Indonesia sejak tahun 1960-an. Warung makan yang kebanyakan dikelola oleh orang dari Tegal ini memang keberadaannya sangat membantu masyarakat. Terlebih bagi para anak rantau seperti mahasiswa, pekerja kantoran yang hidup jauh dari keluarga dan masih banyak lagi.

Selain karena harganya yang ramah di kantong, citarasa makanan yang disediakan juga cukup membuat lidah ketagihan. Meskipun tempatnya memang bukanlah sebuah tempat yang mewah akan tetapi cukup nyaman untuk dijadikan sebagai tempat makan. Karena yang terpenting adalah kebersihannya.

Bisnis warteg ini kemudian menjadi sebuah peluang usaha yang banyak dilirik oleh para penggiat kuliner. Terutama untuk target pasar sekelas mahasiswa, alasannya tentu saja karena kebanyakan mahasiswa tidak memasak dan bahkan di kos-kosannya tidak ada fasilitas semacam dapur.

Selain itu, masih banyak lagi alasan mengapa warteg ini sangat cocok dipilih sebagai tempat makan bagi kalangan mahasiswa, pekerja, buruh dan yang lainnya. Diantaranya adalah:

  1. Murah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa warteg adalah salah satu warung makan yang mampu menawarkan harga yang cukup terjangkau di semua kalangan. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memburu warung ini, terlebih pada jam-jam makan siang.

Meskipun pada mulanya target pasar warteg adalah kalangan menengah ke bawah, akan tetapi semakin lama justru banyak pegawai kantoran yang lebih memilih warteg sebagai tempat untuk mengisi kekosongan perut.

  1. Menu Makanan Bervariasi

Menu makanan yang dijajakan di bisnis warteg ini tidak neko-neko, variasinya ala rumahan banget sehingga bisa juga sebagai pengobat rindu bagi yang lama tidak bisa menikmati masakan rumah.

Meskipun dengan harga yang cukup murah bukan berarti soal rasa tidak diperhatikan ya. Karena rasa yang disajikan sesuai dengan makanan rumahan pada umumnya.

  1. Tempat Nyaman

Sekilas jika dilihat memang warteg memiliki tampilan tempat yang sangat sederhana, dan bahkan bagi sebagian orang memandang tempat ini kurang nyaman. Namun, bagi yang sudah terbiasa makan di tempat ini mereka pasti merasa warteg cukup nyaman dijadikan sebagai tempat makan.

Nah, alasan di atas adalah alasan yang paling banyak dikemukakan oleh para mahasiswa, pekerja dan warga yang lebih memilih makan di warteg daripada di tempat lain. berdasarkan alasan tersebut yang kemudian dilihat sebagai prospek bisnis yang bagus. Oleh sebab itu, bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis ini bisa memperhatikan kiat-kiat suksesnya berikut ini:

  1. Siapkan modal yang cukup besar atau jangan pas-pasan
  2. Amati kompetitor
  3. Tentukan target pasar
  4. Buat rincian modal
  5. Pilih lokasi yang strategis dan ramai
  6. Ciptakan suasana yang nyaman pada warung Anda
  7. Membuat daftar belanja dan bahan baku
  8. Mengolah bahan baku yang segar dan hindari bahan baku berpengawet
  9. Siapkan menu makanan yang variatif dengan harga yang terjangkau
  10. Tentukan sistem yang jelas
  11. Urus izin usaha dari pemerintah setempat
  12. Berikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.
  13. Bergabung dengan BINA PAYMENT

Tentu saja dalam menjalani bisnis warteg terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi. Karena Anda membutuhkan kerja keras dan juga semangat yang tinggi. Bayangkan saja, Anda harus mempersiapkan semuanya sejak pagi buta. Mulai dari menentukan menu yang akan dimasak, berbelanja bahan baku sejak dini hari, kemudian lanjut memasak bahan baku tersebut menjadi menu yang bervariasi.

Sementara untuk mengatasi bahan baku yang tidak memiliki ketahanan yang lama, bisa Anda siasati dengan membandrol harga murah dan dimasak menjadi menu yang pasti laku. Misalnya saja oseng-oseng, olahan telur dadar dan berbagai masakan berbahan dasar ikan. Biasanya dalam warteg satu porsi nasi sudah dilengkapi dengan sayur.

Tantangan lainnya yang harus Anda taklukkan adalah menyajikan menu yang lezat. Makanan yang lezat tentu saja memiliki kualitas rasa dan juga tingkat kebersihan yang terjamin. Jika tantangan ini tidak bisa Anda penuhi maka bukan tidak mungkin warteg Anda akan tersingkirkan.

Masalah lain yang sering muncul misalnya saja pelanggan yang mulai  bosan dengan variasi menu yang itu-itu saja. Maka Anda perlu meningkatkan kreativitas untuk terus menciptakan menu-menu baru agar pelanggan tidak bosan.

Nah, agar bisnis warteg Anda berjalan lancar dan ramai pengunjung maka Anda harus melakukan promosi. Baik menggunakan spanduk yang bertuliskan nama warung serta menu makanan yang Anda jajakan. Jangan lupa juga untuk menempelkan tulisan yang sama di etalase warung makan. Dengan begitu, orang-orang yang lewat akan mengetahui adanya warteg Anda serta menu yang ada didalamnya.

Selain menggunakan spanduk, ada promosi yang paling manjur yakni promosi dari mulut ke mulut. Caranya pada hari pertama buka Anda memberikan bonus bagi 10 pelanggan pertama akan digratiskan makannya. Pasti setelah orang yang diigratis tersebut makan di warteg Anda dan memiliki kesan yang bagus, baik dari sisi citarasa maupun pelayanan langsung akan memberitahu teman yang lain tentang keberadaan warteg Anda.

Apalagi, jika Anda bergabung dengan BINA PAYMENT, warteg Anda akan semakin berkesan untuk pelanggan. Selain menu yang beranega ragam & rasanya yang sedap, Pelanggan akan mengandalkan warteg Anda, sebab BINA PAYMENT sangat lengkap layanannya. Pelanggan dapat membeli pulsa, membayar tagihan bulanan, hingga setor tunai tanpa harus ke bank loh! Keren banget bukan warteg anda?

Mereka akan menceritakan kesan tersebut kepada teman sekantor, keluarga dan yang lainnya. Jika sudah seperti itu maka konsumen yang lain pun tidak ragu lagi untuk mencoba dan merekomendasikan kepada orang lain lagi.

Dengan mengetahui seberapa besar peluang yang ada, siapa saja pasar targetnya serta bagaimana cara mempromosikannya, kini Anda sudah bisa memulai untuk memulai bisnis warteg. Selamat mencoba semoga sukses dan berhasil mendatangkan banyak pelanggan.