Berikut adalah tips hemat tagihan telepon terbaik yang berhasil dirangkum oleh Bina Payment untuk Anda. Yu,k simak selengkapnya!

1. Tentukan bujet tagihan telepon
Tips menghemat tagihan telepon yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan menentukan bujet tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Dengan begitu, pengeluaran akan lebih terencana sehingga kondisi keuangan lebih stabil, sebab Anda sudah bisa mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan untuk tagihan telepon. Tentu saja, hal ini juga akan membantu Anda menghemat keuangan dan dapat mengalokasikan dana untuk keperluan lainnya.

2. Pakai sesuai kebutuhan
Selanjutnya, biasakan untuk memakai telepon sesuai kebutuhan atau hanya untuk yang penting-penting. Jika memang hanya percakapan sederhana, sebaiknya gunakan layanan pesan singkat atau email saja. Saat ini juga sudah tersedia layanan free call pada beberapa platform media percakapan, seperti Line dan WhatsApp yang dapat Anda manfaatkan untuk menghemat tagihan telepon.
Hindari melakukan panggilan internasional jika tidak ingin tagihan telepon Anda membengkak. Apabila terpaksa menghubungi mereka yang tinggal di luar negeri, Anda dapat memanfaatkan fitur panggilan video pada Skype.

3. Pasang alat pembatasan otomatis
Saat mengobrol di telepon, terkadang Anda jadi lupa waktu. Padahal menelepon dalam durasi yang lama juga berakibat pada pembengkakan tagihan telepon. Untuk itu, Anda dapat membatasi waktu penggunaan telepon dengan memasangkan alat pembatas khusus. Alat tersebut sangat efektif sebab akan memutus panggilan secara otomatis dalam waktu yang sudah dikehendaki, misalnya 10 atau 15 menit.
Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sistem PABX (Private Automatic Branch eXchange). Sistem ini disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon internal di rumah ataupun kantor. Cara kerja PABX adalah setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan diarahkan melalui modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Jadi, Anda dapat melakukan panggilan bebas pulsa dengan anggota keluarga ataupun karyawan.

4. Selalu mengecek dan mengawasi tagihan Anda
Jangan ragu untuk selalu mengecek dan mengawasi tagihan telepon bulanan yang harus Anda bayarkan. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengetahui aktivitas panggilan mana yang menyebabkan tagihan Anda membengkak. Dengan begitu, Anda dapat mencari solusi sehingga tagihan telepon dapat diminimalisir jumlahnya.
Jika diperlukan, Anda juga bisa mengunci telepon dengan menggunakan password. Pastikan kode ini hanya Anda yang mengetahui. Bahkan Anda bisa juga menguncinya secara fisik, yaitu dengan menggembok telepon rumah supaya si pemakai tidak dapat menekan tombol teleponnya. Artinya, siapa saja yang hendak menggunakan layanan telepon terlebih dulu harus meminta kunci atau membuka password kepada Anda.

Tips mengemat tagihan telepon tadi cukup mudah, bukan? Biasakan untuk selalu membayar tagihan telepon tepat waktu untuk menghindari denda yang justru akan menambah jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan. Anda bisa membayar bayar tagihan telepon Anda di Loket Bina Payment Aja . Atau Anda juga bisa membayar tagihan telepon secara mandiri dengan bergabung di Bina Payment, bahkan Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi outlet Bina Payment.