Tentu, berbeda dengan air yang diambil dari sumur-sumur mandiri, ada tagihan yang harus dibayarkan jika masyarakat menggunakan layanan PDAM. Hal ini dikarenakan PDAM juga memerlukan biaya akomodasi dan lainnya untuk pelayanan. Oleh karenanya, pemahaman tentang tagihan pembayaran kolektif PDAM menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Sebagaimana namanya, tagihan pembayaran kolektif PDAM ini nantinya akan dibayarkan secara kolektif atau bersama-sama. Tentu, bagi sebagian masyarakat, cara ini cenderung menguntungkan dan tentu saja tergolong lebih terjangkau.

Mengecek Tagihan Pembayaran Kolektif PDAM

Sebelum membayar tagihan PDAM secara kolektif, tentu saja Anda harus mengetahui berapa besaran tagihan yang harus dibayarkan. Berbincang tentang tagihan tersebut, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk pengecekan, terutama dengan hadirnya PPOB dari beberapa marketplace di Indonesia saat ini.

Namun, Anda juga bisa menggunakan cara yang cenderung lebih familiar di kalangan pengguna PDAM yaitu dengan menggunakan website resmi dari PDAM. Nah, untuk mengecek tagihan PDAM, beberapa cara yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka website official dari PDAM
  2. Jika sudah masuk ke laman utama website, langsung klik pada menu perkiraan tagihan
  3. Selanjutnya, pilih kelompok tarif dan juga ukuran meter air
  4. Selanjutnya, isi kolom pada jumlah pemakaian air secara kolektif tadi
  5. Lanjutkan dengan mengklik kolom kalkulasi yang tersedia di laman website
  6. Tunggu beberapa waktu dan rincian mengenai tagihan pembayaran kolektif PDAM akan muncul
  7. Lakukan pembayaran tagihan tersebut.

Dari beberapa poin di atas, tampak cara untuk mengetahui tagihan PDAM secara kolektif bisa dikatakan sangat mudah. Hanya saja, Anda perlu memahami bahwa ada batasan waktu pembayaran tagihan PDAM tersebut. Umumnya, batas akhir pembayaran tagihan PDAM adalah sama dengan tagihan listrik, yaitu setiap tanggal 20 per bulannya.

Tips Hemat Air PDAM

Meskipun bisa dikatakan jika tagihan pembayaran kolektif PDAM tidak terlalu mahal karena disokong secara bersama-sama, namun tetap saja berhemat air PDAM adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Penghematan ini nantinya secara langsung akan berdampak pada berkurangnya tagihan PDAM. Selain itu, Anda juga bisa menghemat penggunaan listrik jika mengaplikasikan penghematan air PDAM.

Nah, berbincang tentang menghemat air PDAM, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara yang cukup efektif untuk dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mematikan Kran Air Setelah Digunakan

Salah satu cara yang paling mudah dan cenderung efektif untuk menghemat air PDAM adalah dengan membiasakan diri mematikan kran setelah digunakan. Bisa dikatakan bahwa lupa mematikan kran adalah hal yang kerap kali terjadi dan tentu saja hal tersebut sangat merugikan. Selain akan banyak air yang terbuang, tagihan PDAM nantinya juga akan meningkat.

Nah, oleh karenanya, Anda perlu untuk membiasakan diri mematikan kran air jika tidak dipakai. Sebelum beranjak pergi dari lokasi kran, pastikan jika kran sudah tertutup rapat.

  • Tampung Air Sebagai Cadangan

PDAM memang akan memudahkan para pengguna untuk mendapatkan air bersih guna mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari. Oleh karenanya, banyak pelanggan PDAM yang merasa tidak perlu menampung air karena ketersediaan air PDAM yang melimpah dan selalu ada. Namun sayangnya, hal semacam ini adalah konsep yang salah.

Ada baiknya jika Anda menyediakan tampungan air untuk menyimpan cadangan air. Memiliki tampungan air ini tentu sangat bermanfaat. Selain menjaga ketersediaan air terutama saat PDAM mengalami masalah secara tiba-tiba, cara ini juga bisa menghemat tagihan pembayaran kolektif PDAM karena Anda tidak selalu mengalirkan air PDAM.

Tentu, Anda tidak perlu berpikir bahwa Anda harus membeli penampungan air yang besar dan mahal. Saat ini, ada cukup banyak drum air dengan kapasitas yang lumayan yang tersedia dengan harga yang murah. Untuk menyimpan cadangan air, Anda tentu bisa menggunakan drum tersebut sebagai pilihan alternatif.

  • Berusaha Menghemat Air

Berusaha untuk menghemat air tentu saja merupakan hal yang harus Anda lakukan untuk mengurangi tagihan PDAM. Selain menutup kran yang tidak terpakai tadi, Anda memang harus hemat air untuk beragam aktivitas. Jangan terlalu boros air, terutama untuk beberapa hal yang memang tidak terlalu urgen. Selain itu, jika memungkinkan, gunakan air beberapa kali.

Misalnya saja, Anda menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman. Hal ini tentu akan lebih hemat air dibandingkan dengan menggunakan air PDAM yang bersih untuk menyiram tanaman.

Nah, beberapa hal di atas bisa menjadi tambahan referensi tentang cara mengecek tagihan pembayaran kolektif PDAM dan upaya menghematnya. Jika ingin bayar tagihan PDAM dengan cashback yag menguntungkan bisa gunakan aplikasi Bina Payment. Dengan aplikasi Bina Payment segala tagihan terlengkap bisa menjadi bisnis menguntungkan.

Gabung BINA PAYMENT dan Miliki Bisnis Pembayarn Paling Menguntungkan