Perbedaan Free Fire MAX dan FF Versi Original Buat Pemula

binapayment.com – Siapa yang gak kenal dengan Free Fire, game battle royale dengan lebih dari 32 juta pemain di Indonesia. Garena merilis Free Fire MAX yang menawarkan pengalaman lebih menantang dibandingkan FF standar.

Free Fire masih menjadi daya tarik bagi gamer baru untuk bermain jenis battle royale. Peningkatanpun dilakukan oleh Garena selaku developer Free Fire ini dengan merilis Free Fire MAX.

Free Fire MAX diklaim memiliki sejumlah perbedaan dengan game Free Fire versi orisinal alias versi standar. Free Fire MAX dirancang untuk membawa sejumlah peningkatan yang sebelumnya tidak dimiliki Free Fire.

10 Perbedaan Free Fire MAX dengan Free Fire Original

Ada 10 perbedaan antara FF MAX dengan FF Original yang dirangkum dari berbagai sumber yang perlu kamu ketahui.

1. Visual Grafis dan Audio Lebih Baik

Game Free Fire sering diejek karena kualitas grafisnya yang tidak seberapa dibandingkan pesaingnya yang populer seperti COD Mobile atau PUBG Mobile. Wajar saja jika pengembang berupaya meningkatkan kualitas grafis Free Fire pada versi MAX.

Visual grafis lebih realistis dibanding FF original
Tampilan atas adalah FF MAX yang realistis dibandingkan tampilan bawah dari FF original

FF MAX memiliki visual yang lebih realistis serta lebih detail. FF MAX memanfaatkan hardware smartphone yang lebih canggih dan bertenaga, sehingga akan sulit dimainkan di smartphone biasa alias entry level.

FF MAX punya aspek animasi yang lebih baik daripada FF original dan membutuhkan spesifikasi smartphone yang lebih tinggi.

Di dalam game, gerakan berlari, melompat, dan merangkak yang dilakukan karakter tak lagi kaku dan menjadi lebih natural. Garena menambahkan animasi khusus, seperti saat pemain mengonsumsi jamur (mushroom) atau ketika pemain membuka parasut saat akan terjun ke dalam peta.

Saat menembak, pemain Free Fire MAX dapat melihat adanya efek pelacak (tracer effect) dan lubang bekas peluru yang muncul di dinding dan bangunan.

2. Ukuran Game Tiga Kali Lebih Besar

Kualitas grafis yang signifikan dan realistis membuat ukuran game FF MAX mengalami lonjakan yang juga signifikan. Free Fire MAX punya ukuran tiga kali lebih besar dibanding versi standarnya. Bila versi standar berukuran dikisaran 500MB, versi FF MAX bisa mencapai 1,5GB atau bahkan lebih.

Ukuran game lebih besar
Dengan grafik lebih baik dan realistis membuat ukuran game menjadi 3 kali lipat dibanding FF original

Belum lagi bila ada update terbaru atau event baru, pasti data akan semakin membengkak kapasitas gamenya.

Itulah sebabnya para pemain FF MAX harus menyediakan perangkat yang punya ruang penyimpanan luas bila ingin memainkannya. Selain itu penggunaan baterai sudah pasti akan lebih boros dibanding versi standar. Jadi siapkan smartphone yang mumpuni sebelum memainkan game Free Fire versi MAX.

3. Penggunaan Sumber Daya Semakin Tinggi

Penggunaan sumber daya semakin tinggi
Dengan kualitas grafik yang lebih baik dan realistis membutuhkan sumber daya yang boros

Karena FF MAX punya visual grafis yang mumpuni dan ukuran game yang tiga kali lebih besar dibanding versi FF original, maka penggunaan sumber daya pada smartphone semakin meningkat. Hal ini bukan hanya berimbas pada baterai yang lebih boros, melainkan juga membutuhkan CPU, GPU dan RAM untuk tampilan grafis yang lebih mumpuni.

Spesifikasi perangkat FF MAX vs FF original

FF MAX akan lancar bila dimainkan di ponsel dengan RAM 4GB atau lebih dengan CPU minimal octa core. Tipe-tipe smartphone mid level dan high end bisa memainkan FF MAX dengan lancar.

4. Draw Distance Ditambah

Draw distance FF MAX
Jarak pandang pemain terhadap lingkungan lebih nyata dan jauh

Draw distance adalah istilah untuk jarak maksimal pemain dapat melihat sebuah objek secara tiga dimensi. Pemain dapat memandang lebih jauh titik-titik tertentu di peta dan terlihat lebih nyata. Itu artinya, mendeteksi keberadaan musuh pun akan jadi lebih mudah, terutama musuh yang masih berada jauh di depan.

Selain menguntungkan secara visual, tampaknya ini juga sangat berpengaruh terhadap jalannya pertandingan. Hal ini terjadi karena adanya visualisasi grafis yang lebih baik di FF MAX.

5. Mode Baru Craftland

Craftland FF MAX

Mode Craftland hanya ada di FF MAX, yaitu fitur untuk pemain dapat merancang sebuah peta dan memainkannya dengan teman sebagai bentuk kreatifitas.

Pemain dapat mengatur tata letak barang-barang yang umumnya ditemukan pada peta, seperti kontainer, mobil dan bus bekas, bangunan, dan masih banyak lagi. Setelah peta selesai dibuat, pemain dapat membagikan map tersebut untuk dimainkan bersama dengan pemain lainnya.

Setiap pemain juga dapat menunjukkan apresiasi pada pembuat peta dengan memberikan like dan subscribe kepada kreator peta. Mode Craftland dapat diakses melalui menu Peta > Custom > Craftland.

Untuk bisa membuat peta di mode ini, pemain membutuhkan Craftland Room Card yang dapat dibeli dengan harga 100 Diamond.

Selain mode Craftland, Free Fire MAX juga ketambahan mode satu lawan satu (1vs1), yakni Lone Wolf dan mode Clash Squad yang dapat melakukan request item dengan teman satu tim.

6. Lobi yang Baru

Perbedaaan FF MAX dibanding versi standar lainnya adalah lobi baru. Dalam versi MAX, pemain bisa bertemu dengan lobi yang memiliki efek animasi 3D dan lebih hidup.

Lobby baru FF MAX

Selain itu perbedaan utama dari versi original adalah karakter kamu akan berjalan dengan kualitas grafik yang halus. Bandingkan dengan versi regular yang mana karakter kamu hanya berdiri saja.

7. Karakter Bisa Beli Pakai 2000 Koin Gold

Karakter masih merupakan aspek penting dari FF MAX karena kemampuan yang luar biasa. Pemain dapat membeli karakter dari toko dengan menggunakan Diamond dan Gold.

Namun, jika pemain tidak memiliki banyak Diamond, ada banyak alternatif karakter Free Fire MAX yang dapat dipilih dan tak kalah keren.

Ada lima karakter baru sudah ada di FF MAX dan belum rilis di FF original. Kelima karakter ini bisa dibeli menggunakan senilai 199 Diamonds atau 2.000 Gold.

Olivia
Karakter Olivia memiliki skill penyembuhan pasif bernama Healing Touch. Pada level awalnya, kemampuan ini membantu pemain yang dihidupkan kembali untuk mendapatkan tambahan 30 HP.

FF MAX Olivia

Jumlah ekstra HP membantu pemain mendapatkan keuntungan dalam tembak-menembak. Setelah meningkatkan karakter ke level maksimum, jumlah HP meningkat menjadi 70 HP per pemain yang dihidupkan kembali.

Nikita

FF MAX Nikita
Karakter Nikita paling cocok untuk pemain yang suka menggunakan senjata SMG. Nikita memiliki skill pasif bernama Firearms Expert, yang meningkatkan kecepatan reload sebesar 4 persen di level upgrade dasarnya.

Pemain dapat meningkatkan kecepatan reload sebesar 24 persen dengan meningkatkan karakter ke level 6.

Kelly
Kelly banyak digunakan dalam kombinasi karakter Free Fire MAX karena memiliki kemampuan Dash. Ini mampu meningkatkan kecepatan lari sprint sebesar 1 persen.

FF MAX Kelly

Kelly juga membantu menambah kerusakan 101 persen pada tembakan pertama ke musuh. Dengan meningkatkan karakter ke level maksimum, pemain dapat meningkatkan kecepatan sprint sebesar 6 persen.

Ford
Ford punya kemampuan pasif berupa Iron Will, karena kemampuannya mengurangi kerusakan sebesar 4 persen, saat pemain berada di luar zona aman.

FF MAX Ford

Pada level tertinggi, pengurangan kerusakan mencapai 24 persen, memberi pemain lebih banyak waktu untuk berputar di area aman.

Andrew

FF MAX Andrew
Andrew punya kemampuan meningkatkan daya tahan armor melalui Armor Specialistnya. Pada level dasarnya, skill ini membantu gamer dalam mengurangi kehilangan durabilitas rompi sebesar 4 persen.

Daya tahan akan meningkat menjadi 12 persen pada tingkat maksimum.

8. Senjata dan Karakter Baru

FF MAX menghadirkan senjata sniper rifle baru, dan karakter Lucas serta Kapella. Senjata ini bisa diandalkan karena memiliki scope hingga 8x terlebih jika kamu suka bermain sebagai seorang sniper.

Senjata baru FF MAX

Selain itu terdapat pula 2 karakter Free Fire terbaru yakni Lucas Lucas (Luqueta) dan Kapella. Lucas merupakan pemain sepak bola muda dengan skill Hat-Trick yang membuat sejumlah besar HP dipulihkan saat Lucas mengalahkan musuh.

Lucas akan mendapatkan lebih banyak HP maksimal, semakin banyak yang dia bunuh akan menambah HP nya. Lucas pilihan sempurna bagi pemain yang bermain agresif. Setelah kill 6 musuh, Lucas akan mendapatkan 36 HP maks.

Setelah kill 10 musuh, Lucas akan memiliki 260 maks HP yang sangat besar, menjadikannya keuntungan besar di akhir pertandingan. Pada kondisi ini, pemain bahkan tidak akan mati karena headshot AWM. Skill tidak memiliki batas sehingga Lucas akan sangat kuat di pemain yang tepat.

Lucas berusia 20 tahun (lahir 10 Juni), atlet sepak bola pria. Desainnya terinspirasi oleh pesepak bola Brazil yang bernama “Lucas Silva Borges”. Lucas menjadi karakter ketiga dalam Free Fire yang terinspirasi oleh orang di dunia nyata selain DJ Alok dan Jota.

Sementara Kapella merupakan karakter wanita baru yang punya skill Healing Song yang bisa diandalkan ketika Kapella bermain sebagai support di dalam squad. Selain itu, saat Kapella mati, rekan satu tim akan menerima lebih sedikit damage akibat ledakan maupun tebakan peluru.

Profil Lucas (Luqueta) dan Kapella bisa dilihat di bawah.

FF MAX Lucas

FF Max Kapella

9. Penyesuaian Skill Karakter

Beberapa karakter mengalami penyesuaian (buff dan nerf) pada FF MAX, seperti:

Chrono: durasi skill berkurang dan penambahan waktu cooldown.
Wukong: kecepatan bergerak berkurang saat diaktifkan.
Shirou: Waktu cooldown dipersingkat.
Andrew the Fierce: pengurangan damage diturunkan.

10. Teknologi Firelink

Salah satu aspek terbaik dari FF MAX adalah game itu memungkinkan pemain yang memiliki basis Free Fire untuk menikmati pertandingan dengan mereka.

FF MAX mendukung crossplay dimana pemain FF MAX dan FF original bisa bermain di satu server yang sama. Cross-play ini dimungkinkan berkat teknologi Freelink pada FF MAX. Akun FF original kamu bisa login di FF MAX.

Lobi dan antrian akan menjadi lintas platform antara Free Fire dan FF MAX, memungkinkan pemain dengan perangkat keras yang lebih lemah untuk tetap bersaing dengan teman-teman mereka.

—–

Jadi seperti itulah perbedaan antara Free Fire MAX dengan FF original. Jika kamu belum punya smartphone yang mumpuni, tak ada alasan untuk buru-buru upgrade ke FF MAX. Namun jika kamu sudah punya smartphone level menengan dan tinggi sesuai spesifikasi di atas, kamu bisa menjajal FF MAX sekarang juga.

Peluang Bisnis Voucher Game

Fastpay membuka kesempatan buat kamu untuk menjadi agen voucher game murah seperti voucher Google Play, diamond FreeFire, Garena, PUBG Mobile, Call Of Duty: Mobile, diamond Mobile Legends, Arena Of Valor, voucher Steam, Lyto, dll.

Gak cuma berbisnis voucher game, kamu juga bisa bisnis PPOB, bisnis tiket travel, bisnis pulsa internet, dll. Semua layanan bisnis ada di Fastpay.

__________

  1.