Jadwal Kereta Api November 2021 dan Syarat Perjalanan

binapayment.com – Berikut jadwal kereta api November 2021. Tiket kereta api bisa diperoleh di Agen Bina Payment dengan mudah. Setiap penumpang kereta api wajib mengikuti peraturan perjalanan yang berlaku dari Satgas Covid-19 sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 92 tahun 2021.

Syarat Terbaru Naik Kereta Api, Berlaku mulai 31 Oktober 2021

  1. Pelaku perjalanan dengan kereta api antarkota dari dan ke daerah dalam wilayah Pulau Jawa wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam atau hasil negatif rapid tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.
  2. Penumpang kereta api antarkota dari dan ke daerah di luar wilayah Pulau Jawa serta daerah yang ditetapkan dengan kategori PPKM Level 1 dan PPKM Level 2, wajib menunjukkan surat keterangan hasil PCR dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam atau hasil negatif rapid test antigen dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Wajib menunjukkan kartu vaksin, kecuali bagi penumpang usia di bawah 12 tahun dan penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari RS pemerintah yang menyatakan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.
  4. Setiap penumpang kereta api wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan, kecuali penumpang di bawah 12 tahun.
  5. Wajib memakai masker dengan benar menuntupi hidung dan mulut. Jenis masker yang digunakan oleh pelaku perjalanan adalah masker tiga lapis atau masker medis.
  6. Dilarang untuk berbicara satu arah maupun dua arah melaui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.
  7. Dilarang untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari dua jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang tidak ada dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.
  8. Penumpang bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 6M, yaitu:
    • Memakai masker.
    • Mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir.
    • Menjaga jarak baik di area stasiun atau di kereta api.
    • Menjauhi kerumunan.
    • Mengurangi mobilitas.
    • Menghindari makan bersama serta menggunakan handsanitizer, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi penumpang kereta api yang menggunakan tes antigen, bisa melalui stasiun-stasiun yang telah melayani tes antigen. Diharapkan minimal 2 jam sebelum keberangkatan sudah melakukan tes antigen di stasiun agar tidak tertinggal kereta bila terjadi antrian.

Lokasi Stasiun Kereta Api dengan Fasilitas Rapid Antigen

Berikut daftar stasiun yang melayani rapid antigen.

Daop 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikampek, Karawang

Daop 2 Bandung: Bandung, Kiaracondong, Cimahi, Cibatu, Purwakarta, Tasikmalaya, Banjar, Cipendeuy

Daop 3 Cirebon: Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Pegadenbaru, Babakan, Haurgeulis, Brebes

Daop 4 Semarang: Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Pemalang, Weleri, Ngrombo

Daop 5 Purwokerto: Purwokerto, Kutoarjo, Gombong, Kebumen, Kroya, Sidareja, Maos, Cilacap

Daop 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Solo Balapan, Solo Jebres, Lempuyangan, Wates, Klaten, Purwosari, Sragen

Daop 7 Madiun: Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk

Daop 8 Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Babat, Kepanjen, Bojonegoro

Daop 9 Jember: Jember, Ketapang, Kalisetail, Probolinggo, Rogojampi, Banyuwangi

Divre I Sumatera Utara: Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Mambang Muda, Rantau Prapat, Tanjung Balai, Siantar

Divre III Palembang: Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Prabumulih, Muara Enim, Tebing Tinggi

Divre IV Tanjungkarang: Tanjungkarang, Martapura, Kotabumi, Baturaja