Terdapat beberapa cara aman yang bisa dilakukan saat sedang bertransaksi. Ya, salah satunya dengan menggunakan metode non tunai. Selain mudah dilakukan Anda juga akan mendapat berbagai keuntungan pembayaran non tunai ini lho. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Alat Pembayaran Non Tunai

Sejak tahun lalu banyak sekali disrupsi pada sistem pembayaran yang bermunculan. Salah satu metode pembayaran yang menarik adalah sistem pembayaran non tunai. Banyak sekali alat pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan metode pembayaran secara non tunai ini lho, diantaranya seperti:

  1. Kartu prabayar (prepaid)
  2. Uang elektronik (e-money)
  3. Nota kredit
  4. Kartu kredit
  5. Cek
  6. Kartu ATM/Debit
  7. Bilyet Giro
  8. Nota Debet.

Keuntungan Pembayaran Non Tunai atau Cashless

Jika dilihat dari tren masa kini yang sebagian masyarakat dunia menggunakan pembayaran non tunai, tentunya hal ini sangat mudah dilakukan. Bukan hanya mudah digunakan saja, Anda juga bisa meraup banyak keuntungan dari metode pembayaran yang satu ini lho. Nah, berikut beberapa keuntungan pembayaran non tunai:

  1. Keamanan Lebih Terjamin

Transaksi yang dilakukan secara non tunai ini biasanya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat detail. Ya, mulai dari PIN, penggunaan Password, OTP dan lain-lain tergantung dengan jenis transaksi yang dilakukan. Nah, ,dengan adanya sistem keamanan ini transaksi yang dilakukan secara non tunai dijamin jauh lebih aman.

Pasalnya tidak akan ada satu orang pun yang dapat mengetahui PIN atau password yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi. Saat sedang memberi kode OTP atau password pastikan jangan sampai ada orang lain yang mengetahuinya.

Selain itu, jangan pernah memberikan kode OTP, PIN atau password kepada sembarang orang. Hal ini bertujuan untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan lain-lain.

  1. Lebih Efisien

Pembayaran dengan metode non tunai ini akan sangat membantu Anda. Pasalnya hal ini bisa dilakukan secara mudah dimanapun dan kapanpun. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa metode yang akan digunakan. Misalnya seperti menggunakan e-money, kartu kredit/debit dan e-wallet.

  1. Pengeluaran Lebih Terkontrol

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda nikmati dari melakukan pembayaran secara non tunai adalah dapat mengontrol jumlah pengeluaran. Pasalnya dengan melakukan transaksi secara non tunai Anda bisa melihat riwayat transaksi yang sudah dilakukan. Sehingga Anda bisa mengetahui rinciannya secara lebih detail.

Seperti misalnya Anda dapat melihat berapa jumlah nominal yang sudah dikeluarkan, kapan pengeluaran dilakukan, transaksi untuk apa saja dan lain-lain. Hal inilah yang dapat membuat Anda lebih berhati-hati dan juga dapat mengontrol keuangan dengan lebih baik.

  1. Sudah Banyak Merchantyang Menerima Non Tunai

Saat ini sudah banyak sekali merchant yang melayani transaksi secara non tunai lho. Sehingga proses transaksi bisa dilakukan secara lebih cepat dan tepat. Efek baik dari hal ini adalah tidak akan ada lagi antrian panjang saat sedang transaksi.

Tentunya sebagai konsumen yang baik Anda akan berpikir dua kali saat akan melakukan transaksi di kasir yang sedang antri panjang bukan? Apalagi jika dalam sebuah tempat tersebut hanya terdapat satu kasir.

Tentu hal ini menjadi alasan utama untuk merubah kebiasaan dalam bertransaksi. Kini Anda bisa bertransaksi secara non tunai sehingga tidak perlu menunggu antrian pajang lagi.

  1. Meminimalisir Tindakan Kejahatan

Di zaman yang sedang rawan kejahatan ini membawa uang tunai dalam jumlah cukup banyak akan sangat merepotkan dan berisiko. Banyak sekali hal yang berkemungkinan terjadi saat membawa uang banyak seperti misalnya tindak kriminal, pencurian, penjambretan dan lain-lain.

Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan cobalah untuk terbiasa dengan transaksi non tunai. Bukan hanya cepat saja, uang Anda juga akan lebih aman dari ancaman penjahat. Dengan demikian secara tidak langsung Anda juga ikut serta dalam meminimalisir tindak kejahatan lho.

  1. Banyak Diskon

Nah, hal yang paling ditunggu-tunggu dan disukai oleh kebanyakan orang adalah diskon. Bukan hanya mudah, cepat dan efisien saja Anda juga bisa mendapatkan banyak diskon saat melakukan transaksi secara non tunai lho. sangat menarik bukan hal yang satu ini? Jadi, tunggu apalagi, buruan lakukanlah transaksi secara non tunai sekarang juga dan nikmati keuntungannya.

Nah, seperti itulah ulasan lengkap mengenai berbagai keuntungan pembayaran non tunai. Dengan melakukan pembayaran menggunakan metode non tunai, kini Anda bisa melakukan segala hal menjadi lebih cepat dan aman. Bagi Anda yang belum menggunakan metode ini, buruan gunakan metode ini sekarang juga!