Ini Usaha Online Rumahan Yang Mudah Dilakukan

binapayment.com – Menghasilkan uang bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya bekerja kantoran, berinvestasi hingga membuka usaha online. Anda bisa membuka sebuah usaha online rumahan dengan modal murah atau tanpa modal sekalipun. Apa saja jenis usaha rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah?

Referensi Usaha Online Rumahan Untuk Masa Depan Cerah

1. Jualan baju bekas ‘thrift’

Generasi milenial di Indonesia saat ini sangat menyukai media sosial mulai dari facebook, instagram. Twitter hingga tiktok. Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang menarik kaum muda karena tidak hanya sebagai hiburan, tetapi memberikan banyak informasi seputar cara berbisnis yang menguntungkan.

Bisnis yang saat ini banyak dilakukan muda mudi tiktok adalah berjualan baju bekas atau thrift. Jenis usaha ini dianggap sangat menjanjikan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun Anda bisa meraup keuntungan yang fantastis.

Meskipun Anda berjualan baju bekas, pastikan untuk melakukan pengecekan kelayakan baju dengan benar. Lakukan promosi online secara continue dan berikan layanan prima untuk semua pelanggan. Jika produk Anda sudah mulai dikenal, omset per harinya bisa mencapai 10 juta rupiah.

2. Jualan makanan camilan

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia usaha, siapkan semua keperluan yang dibutuhkan. Tentukan tujuan dari usaha Anda agar tetap fokus meskipun dihadapkan pada berbagai masalah. Salah satu peluang usaha untuk pemula yang bisa Anda coba adalah berjualan makanan camilan.

Jenis camilan yang Anda jual bisa apa saja misalnya macaroni, keripik kentang, keripik talas, aneka kue dan sebagainya. Fokuslah untuk menjual satu jenis cemilan terlebih dahulu. Lakukan branding produk melalui iklan di media sosial.

Jika produk camilan Anda ditargetkan untuk anak sekolah dan mahasiswa, buatlah kemasan produk semenarik mungkin dengan harga terjangkau. Omset berjualan makanan camilan mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta setiap bulannya.

3. Membuka catering sehat

Era yang semakin canggih membuat masyarakat lebih sibuk dan menyukai hal-hal praktis dalam kehidupannya, termasuk kebutuhan makan. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka sebuah catering dengan konsep makanan sehat.

Catering makanan sehat akan banyak dicari masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, pekerjaan super banyak, tidak memiliki banyak waktu bersantai tetapi membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Usaha jenis ini tentunya bisa Anda handle hanya dari online saja.

Jika memilih bisnis catering sehat, pastikan lokasi usaha Anda berada di wilayah kota besar yang padat perkantoran. Untuk menambah kepercayaan konsumen, Anda bisa mencantumkan persentase nilai gizi dan testimoni dari para konsumen sebelumnya.

4. Jualan baju muslim

Indonesia dihuni oleh jutaan orang dengan mayoritas agamanya adalah islam. Membuka sebuah usaha baju muslim online sekiranya sangat berpeluang besar untuk menambah pundi-pundi uang ke dalam rekening Anda.

Bisnis rumahan baju muslim ini sudah banyak ditemukan mulai dari bisnis kecil hingga setara garmen. Namun, jika Anda sudah berniat untuk berjualan baju muslim, Anda cukup membuat produk yang berbeda dari pasaran dan bisa terbilang ‘unik’.

Aneka jenis baju muslim pria dan wanita, mulai dari anak-anak hingga dewasa harus Anda desain dengan ciri khusus. Untuk menarik minat konsumen, lakukan promosi secara online dengan konsep tertentu. Cara promosi ini sangatlah mudah karena Anda cukup melakukannya di rumah saja.

5. Jasa fotografi

Perkembangan dunia fotografi semakin hari lebih meningkat dan berkembang pesat. Bagi Anda yang ingin membuka usaha online rumahan, fotografer freelance bisa jadi solusinya. Pengambilan gambar maupun video memang harus dilakukan secara langsung, tetapi Anda bisa mengakali itu.

Caranya, Anda cukup mengambil orderan jasa fotografi berupa pemotretan produk. Konsumen diharuskan mengirimkan sample produk kepada Anda untuk dilakukan pengambilan gambar atau video. Usaha rumahan semacam ini sangat cocok di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

6. Jasa jahit baju online

Salah satu peluang usaha online rumahan yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah menawarkan jasa jahit baju online. Usaha ini bisa berjalan baik Anda memiliki skill jahit maupun tidak. Tetapi, harus tetap memahami dasar-dasar ilmu jahit agar konsumen percaya pada jasa Anda.

Anda bisa memasang tarif sesuai jenis baju yang ingin dijahit, misalnya untuk kemeja dan celana diberikan tarif 50-150 ribu, pembuatan jas dihargai 200-300 ribu, sedangkan untuk dress tarifnya mulai 300-500 ribu.

Untuk memberikan kepercayaan kepada target konsumen Anda, lakukan promosi di berbagai media sosial. Berikan contoh baju hasil karya Anda dan tawarkan beberapa harga promo dengan periode waktu yang terbatas.

7. Jualan buku

Jenis usaha online rumahan lainnya dengan modal minim adalah berjualan buku. Mengapa bisa minim modal? Hal ini karena Anda cukup menjadi reseller dari penerbit buku. Perbanyak jaringan penerbit buku agar koleksi jualan Anda lebih beragam.

Buku yang dijual sebaiknya untuk kalangan anak-anak hingga dewasa. Sedangkan jenisnya mulai dari buku pengetahuan, hiburan, politik, sosial hingga keagamaan. Anda juga bisa memberikan fasilitas ‘request buku’ sesuai kebutuhan pembeli.

Ketika jenis buku yang dijual semakin lengkap, maka pembeli akan lebih tertarik berkunjung ke lapak jualan Anda. Anda bisa memasarkan produk di platform e-commerce seperti shopee, lazada, tokopedia dan beberapa akun bisnis media sosial.

8. Sebagai dropshipper

Ingin berjualan tetapi tanpa modal? Tentu sangat bisa dan mudah dilakukan. Caranya adalah menjadi seorang dropshipper. Anda bisa berjualan produk apa saja mulai dari pakaian, kosmetik, tas, sepatu hingga kebutuhan pokok.

Ketika menjadi dropsipper, Anda tidak perlu membeli barang dahulu untuk sebuah stok. Anda cukup membeli barang ketika ada pesanan masuk. Kesuksesan jualan tergantung dari seringnya Anda menawarkan produk kepada calon konsumen.

9. Jasa pembuatan artikel

Usaha online yang bisa dilakukan dirumah tetapi memberikan keuntungan yang melimpah, salah satunya adalah jasa pembuatan artikel. Hal utama yang dibutuhkan agar usaha ini sukses adalah kemampuan Anda dalam bidang tulis menulis khususnya EYD dan SEO.

Usaha pembuatan artikel cukup dilakukan secara online dengan prinsip saling percaya. Untuk mencegah hal-hal yang bisa merugikan Anda, pastikan sistem pembayaran menggunakan DP 50%. Sisanya akan diselesaikan ketika pesanan artikel dikirim keseluruhan.

10. Jual barang branded

Jika Anda berada di lingkungan sosialita, tentu barang branded adalah bagian terpentingnya. Hal ini adalah peluang untuk mengubah hobi menjadi bisnis yang menguntungkan. Jenis produk bermerek yang bisa Anda jual mulai dari tas, sepatu, baju hingga berlian.

Bisnis barang branded bisa Anda lakukan secara online. Namun, pastikan barang yang ditawarkan adalah asli dan harus diselipkan keterangan selengkap mungkin agar konsumen percaya dan membeli barang Anda.

Memulai usaha rumahan secara online bisa dari tanpa modal, modal kecil hingga besar. Ada berbagai jenis usaha online yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa bersusah payah. Anda cukup menyediakan smartphone khusus untuk bisnis sehingga lebih mudah dan terfokus.