Cara Menggunakan DANA Dompet Digital

binapayment.com – Teknologi selalu membawa ke berbagai kemajuan yang lebih menarik, simple dan praktis. Seperti teknologi keuangan dompet elektronik atau biasa disebut e-wallet seperti DANA. Cara menggunakan dana ini sangat mudah dan banyak menjadi pilihan saat ini karena begitu membantu. DANA juga sangat menguntungkan karena bisa digunakan baik secara offline atau online. Sangat praktis dan menghindarkan dari risiko kehilangan uang atau dompet karena uang elektronik tidak memiliki bentuk fisik. Uang disimpan pada aplikasi yang sebelumnya telah diinstal terlebih dahulu ke dalam smartphone milik Anda. Berikut cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menggunakan aplikasi dompet elektronik bernama DANA ini.

Cara Menggunakan Aplikasi DANA Melalui HP

Aplikasi DANA adalah aplikasi uang elektronik yang memang sangat praktis karena bisa digunakan melalui HP saja.

Cara menggunakan dana yang mudah akan membuat Anda sangat terbantu karena tidak perlu membawa uang cash yang beresiko besar.

  1. Unduh Aplikasi

Cara menggunakan aplikasi dana yang pertama harus dilakukan tentunya dengan memiliki aplikasi ini di HP Anda. Aplikasi ini bisa di unduh dengan mudah pada play store atau apple store secara gratis lalu dilakukan penginstalan.

Cara membuat akun dana pun cukup mudah, cara daftarnya itu Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon Anda  dalam form yang disediakan Dana untuk registrasi.

Setelah itu masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui sms pada nomor telepon yang Anda daftarkan di Aplikasi Dana.

  1. Top-Up DANA

Anda bisa melakukan berbagai transaksi yang diinginkan dengan terlebih dahulu melakukan top-up sehingga memiliki uang elektronik di dalam akun DANA tersebut.

Caranya dengan memilih bagian “Top Up” yang terletak dibagian paling atas layar aplikasi. Atau  jika Ingin lebih mudah, silahkan Top Up Dana Menggunakan Aplikasi BINA PAYMENT.

  1. Pilih Motode Top-Up

Lanjutkan dengan melakukan pemilihan metode pembayaran top-up yang diinginkan yaitu transfer bank, melalui agen atau kartu debit.

Lalu ikuti saja beberapa instruksi tambahan sebagai konfirmasi agar pengisian dana bisa dilakukan.

  1. Transaksi Top-Up Berhasil

Setelah melakukan konfirmasi maka bisa langsung menggunakan metode bayar yang diinginkan.

Misal Anda memilih cara bayar menggunakan transfer, uang akan masuk setelah proses transfer selesai dilakukan dengan bertambahnya nilai uang dalam aplikasi DANA.

Cara Menggunakan Aplikasi DANA Untuk Berbagai Pembayaran

Aplikasi uang elektronik ini sangat multifungsi karena bisa digunakan untuk pembayaran apa saja kebutuhan yang Anda inginkan.

Mulai dari air, listrik, pulsa dan banyak lagi sehingga akan sangat memudahkan Anda.

Cara menggunakan akun dana juga sangat fleksibel karena bisa digunakan untuk pembelian secara online.

Tentunya dengan berbagai platform online yang telah terintegrasi atau terhubung dengan tanda khusus DANA yang telah disematkan.

  1. Masuk Aplikasi

Cara menggunakan dana untuk melakukan berbagai pembayaran adalah dengan masuk ke dalam aplikasi DANA yang sudah Anda miliki.

Lanjutkan dengan melakukan klik pada pilihan See All yang terdapat dalam menu aplikasi yaitu tanda dengan empat titik.

  1. Pilih Layanan

Lanjutkan dengan melakukan pemilihan layanan yang Anda inginkan, misal untuk melakukan pembayaran BPJS.

Klik BPJS dan ikuti langkah yang akan membawa Anda dalam metode pembayaran menggunakan saldo dalam aplikasi tersebut.

  1. Pembayaran

Sebelum dilakukan proses pembayaran ini akan muncul beberapa konfirmasi agar data yang dimasukkan benar.

Jika pembayaran sudah terproses maka uang elektronik dalam DANA akan terpotong sesuai jumlah yang Anda bayarkan.

Lakukan pengecekan agar uang elektronik yang dikeluarkan sesuai agar tidak merugikan Anda dan pihak lainnya.

Selain itu DANA juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi lain seperti pembayaran TV kabel, asuransi, air dan keperluan lainnya.

Cara Belanja Menggunakan DANA

DANA ini bisa juga digunakan untuk melakukan berbagai transaksi atau belanja offline pada mall dan restoran yang bekerjasama.

Cara menggunakan DANA dompet digital untuk belanja offline ini cukup dengan membawa HP Anda.

Namun pastikan tempat makan atau belanja tersebut telah bekerjasama dengan Dana.

Anda bisa bertanya langsung kepada tempat balanja atau dengan melihat tanda DANA yang biasanya terdapat dibagian depan tempat tersebut.

  1. Masuk Aplikasi DANA

Masuklah terlebih dahulu ke dalam aplikasi DANA yang ada di dalam HP Anda, lalu lanjutkan dengan mencari menu Scan.

Klik Scan yang berada pada bagian kiri paling atas dalam aplikasi untuk melakukan proses pembayaran.

  1. Scan QR Code

QR Code ini akan diberikan oleh pelayan restoran atau tempat belanja yang bekerjasama dengan DANA. Nantinya Anda harus melakukan pembayaran sejumlah uang melalui DANA dengan melakukan Scan kode tersebut.

  1. Pembayaran

Pembayaran secara otomatis akan dilakukan ketika Anda menekan menu Scan yang terdapat pada bagian paling kanan bawah aplikasi tersebut. Namun agar pembayaran berhasil dilakukan, jaringan data Anda tetap harus berada dalam mode online. Pembayaran berhasil jika Anda sudah mendapatkan notifikasi berhasil dan saldo DANA terpotong. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan setelah transaksi agar saldo yang terpotong sesuai dengan jumlah pembayaran. DANA juga memiliki banyak promo menarik, jadi Anda juga harus cek, barangkali saat itu Anda mendapatkan penawaran promo yang menarik dari Aplikasi Dana.

Nah, untuk itu Anda memerlukan informasi mengenai Promo Dana. Bagaimana? Mudah bukan bagaimana cara menggunakan aplikasi dana? Cara menggunakan dana bukan hanya praktis namun juga sangat aman dan ketat. Keamanan yang diberikan oleh aplikasi ini bahkan diketahui sekelas dengan perbankan. Hal ini akan membuat uang Anda sangat aman dan bisa melakukan berbagai transaksi dengan nyaman.

Jangan Lupa di Bagikan ya!