binapayment.com – Di era yang serba digital ini, transaksi pembayaran elektronik sudah bukan hal yang asing lagi karena sudah banyak dilakukan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Anda mungkin menjadi salah satu diantara banyaknya masyarakat yang disebutkan di atas. Ketika hendak membayar kopi sudah tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai. Sebab Anda hanya perlu mengeluarkan ponsel dan kemudian men-scan QR code yang ada di meja kasir.

Semua ini bisa dilakukan karena adanya QRIS merchant yang merupakan merchant resmi dari Bank Indonesia. Apabila sebuah bank atau lembaga keuangan sudah mendaftarkan diri ke QRIS maka otomatis sudah bisa melakukan pembayaran via QR Code.

Apa itu QR Code? QR Code adalah kode berbentuk matriks 2 dimensi yang berisi penanda tiga pola persegi di bagian sudut kiri bawah, sudut kanan atas dan sudut kiri atas. Tidak hanya itu QR Code juga memiliki modul hitam yang berbentuk persegi, piksel atau titik. QR Code ini mempunyai kemampuan untuk menyimpan data berbentuk alfanumerik, simbol maupun karakter.

Pada intinya QR Code ini digunakan untuk membantu perangkat dalam hal transfer mentransfer data. Sehingga dengan bantuan QR Code kegiatan yang sedang dilakukan bisa berjalan dengan cepat, simpel dan juga efisien. Khususnya terkait dengan masalah bayar membayar.

  1. Manfaat QRIS Merchant

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa setiap bank atau lembaga keuangan lainnya yang ingin menikmati fitur pembayaran non tunai ini harus mendaftarkan diri ke QRIS Merchant terlebih dahulu. Namun, sebelum pembahasan sampai kepada bagaimana cara mendaftarnya Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa QRIS itu.

QRIS Merchant kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS menjadi standarisasi pembayaran dengan menggunakan metode QR dari Bank Indonesia sehingga proses transaksi Anda menggunakan Qr Code menjadi lebih cepat, mudah dan juga terjamin keamanannya.

QRIS ini sudah ada sejak 17 Agustus 2019 dan mulai berlaku di Midtrans pada tanggal 1 Januari 2020. Melalui QRIS semua transaksi pembayaran yang memanfaatkan QR bisa difasilitasi oleh satu QR pembayaran yang sama.

Meskipun instrumen pembayarannya berbeda-beda seperti OVO, Dana, GoPay dan sejenisnya. Bahkan sekelas aplikasi pembayaran berbentuk mobile banking seperti misalnya Sinarmas, BCA, CIMB dan masih banyak lagi.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak sekali manfaat lain dari QRIS terutama bagi seorang pebisnis, yakni:

  • Proses Transaksi Menjadi Semakin Mudah

Berkat QRIS proses transaksi akan menjadi semakin mudah untuk dilakukan, bagaimana tidak bayangkan saja semua transaksi non tunai yang ada di toko Anda akan menjadi lebih cepat dan juga mudah. Anda hanya cukup menyediakan kode QR satu saja sudah bisa menerima pembayaran digital dari berbagai aplikasi manapun.

  • Alternatif Pembayaran Semakin Banyak

Dengan bantuan QRIS, kini Anda bisa melayani pembayaran elektronik atau digital yang berasal dari berbagai bank dan juga e-wallet. Misalnya saja seperti OVO, Dana, Gopay, ShopeePay dan yang lainnya.

  • Meminimalisir Peredaran Uang Palsu

Ketika orang-orang sudah mulai beralih ke uang elektronik dan sudah jarang menggunakan uang tunai, selain memudahkan ternyata juga turut meminimalisir beredarnya uang palsu.

  • Meja Kasir Lebih Rapi dan Kekinian

Dikarenakan setiap toko hanya perlu menyediakan 1 kode QR saja untuk menerima setiap pembayaran nyatanya juga berpengaruh terhadap kerapian dan juga keindahan. Hal ini terlihat jelas terutama di bagian keuangan atau kasir.

Dengan menerima pembayaran digital, kasir toko Anda kini sudah tidak perlu repot menyimpan serta merapikan uang lagi. Pemandangan seperti ini memberikan kesan modern, kekinian serta sedap dipandang mata.

  • Pendaftaran Merchant Lebih Mudah

Berkat adanya QRIS Merchant Anda sudah tidak perlu lagi bersusah payah mendaftar merchant secara satu per satu. Sebab hanya dengan mendaftar QRIS sekali Anda sudah bisa langsung menerima pembayaran dari bank manapun dan e-wallet apapun.

  • Pemantauan Keuangan Menjadi Semakin Mudah

Apabila Anda melakukan pembayaran menggunakan QRIS, Anda bisa dengan mudah mengecek kembali riwayat transaksi yang pernah Anda lakukan. Baru kemudian Anda mencatatnya kembali secara manual. Dengan begitu hasil penjualan atau transaksi Anda bisa dipantau dengan mudahnya.

  1. Cara Daftar QRIS Merchant

setelah Anda mengetahui banyaknya manfaat yang didapat apabila menggunakan QRIS, pasti Anda semakin yakin untuk mendaftar kan? Lantas bagaimana cara mendaftarnya? Tenang, Anda tidak perlu bingung karena di bawah ini akan dibahas cara mudah mendaftar QRIS.

Bagi Anda yang ingin mendaftar bisa dilakukan melalui website resminya. Disitu nanti Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan mengikuti setiap langkah yang diminta. Setelah proses pengisian data Anda kemudian akan diproses selama kurang lebih 14 hingga 30 hari.

Perlu Anda ketahui juga bahwa di QRIS merchant ada dua tipe yang harus Anda pilih, yakni QRIS statis dan juga QRIS dinamis. Perbedaan keduanya ada pada QR kodenya. Untuk QRIS statis, Anda hanya memerlukan satu kode QR untuk di scan dan penginputan nominal dilakukan secara manual.

Sedangkan QRIS dinamis membutuhkan banyak kode QR, pasalnya setiap pembayaran dilakukan menggunakan QR yang berbeda. Akan tetapi nominalnya sudah ditampilkan secara otomatis. Anda bisa memilih manapun yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. BINA PAYMENT

Bina Payment telah membuktikan bahwa layanan bisnis terbaik bisa dimulai dari sini demi meningkatnya kualitas ekonomi Indonesia.Bina Payment hadir dengan berbagai layanannya yang membantu memudahkan masyarakat untuk bertransaksi. Fitur-fitur tersebut adalah pembayaran internet, PDAM, pulsa, hingga layanan perbankan juga bisa Anda akses.

Layanan perbankan Bina Payment adalah loket yang memang didesain agar bisa menjalankan berbagai transaksi seperti saat di bank. Bina Payment ini juga bisa diakses malalui QRIS karena keduanya memiliki kaitan yang sangat erat.

Jika ada perkembangan teknologi yang memudahkan mengapa lebih memilih yang sulit? Tidak selamanya perkembangan teknologi membawa dampak yang buruk bagi kegiatan manusia. Banyak juga hal positif yang ditimbulkan dari perkembangan IPTEK ini. untuk itulah Anda tidak perlu menutup diri dari kemajuan teknologi, Anda hanya perlu untuk memilah dan memilih yang baik dan tidak.

Mengapa Anda harus bergabung bersama Bina Payment? karena usaha Anda otomatis menjadi merchant QRIS dengan pendaftaran tercepat sehingga dapat menerima pembayaran dari berbagai macam emoney di seluruh Indonesia. Usaha Anda juga dapat menambah keuntungan. Segera Gabung Menjadi Mitra Bina Payment Sekarang Juga!