7 Tips Ketika Menonton di Bioskop Masa Pandemi, Salah Satunya Beli Tiket Online

binapayment.com – Bioskop sudah buka dan putar film-film box office akhir tahun. Ingin nonton bioskop? Ada tips buat kamu, beli tiket online agar dapat kursi pilihan.

Meskipun masih pandemi, bioskop yang sebelumnya tutup 100% sudah dibuka dengan syarat menonton harus menunjukkan PeduliLindungi dan memakai masker selama di dalam gedung. Agar mendapatkan kenyamanan dalam menonton, ada beberapa tips yang bisa kamu siapkan sebelum nonton film di bioskop.

Bioskop selama pandemi mengikuti Inmendagri No. 67 Tahun 2021, Kamis (16/12/2021) tentang syarat nonton bioskop terbaru selama PPKM, dimana pembatasan kapasitas 70%.

Ada baiknya kamu baca tips menonton di bioskop berikut.

7 Tips Ketika Menonton di Bioskop Masa Pandemi

1. Siapkan Aplikasi PeduliLindungi

Hampir semua theater atau bioskop Indonesia berada di mall. Syarat masuk mall atau pusat perbelanjaan adalah check-in menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Pastikan aplikasi PeduliLindungi terinstall di smartphone kamu.

2. Isi Perut dan Cukup Minum

Mungkin banyak yang belum tahu, sekarang ketika nonton film di bioskop tidak boleh makan atau minum. Karena semua penonton wajib memakai masker di dalam theater selama pertunjukan film berlangsung.

Jadi, isi perut dulu sebelum menonton dirumah atau di food court beberapa jam sebelum film diputar. Jangan terkecoh dengan makanan dan minuman yang dijual di bioskop, karena makanan tersebut hanya bisa kamu makan atau minum di luar theater.

3. Isi Data Diri

Aturan baru ketika masuk ke dalam bioskop, kamu akan diminta mengisi data diri lebih dahulu, dan isi data dirinya cukup panjang. Akan membutuhkan data identitas seperti nomor KTP.

Jadi, jangan mepet datangnya ke bioskop, terlebih bila beli tiketnya mepet dengan jam film. Aturan skrining berlaku terhadap pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Bila kamu membawa anak atau saudara berumur dibawah 12 tahun dengan syarat didampingi orangtua.

4. Cek Jadwal Film Online

Lakukan cek jadwal film yang mau kamu tonton melalui aplikasi atau website dari pengelola bioskop, seperti 21 Cineplex, CJ CGV Cinemas, Cinepolis, Platinum Cineplex, dll.

Akhir tahun dan awal tahun biasanya film-film kategori box office dirilis di Indonesia, seperti Spiderman: No Way Home (15 Desember), Matrix Resurrections (22 Desember), The King’s Man (22 Desember), Morbius (28 Januari 2022)

5. Beli Tiket Online

Hari gini masih beli tiket bioskop ditempat? Jamannya serba online, beli tiket tidak perlu kehabisan atau dapat seat yang pas secara online. Ada MTIX dan TIX.ID, tiket cukup dikonfirmasi ketika datang di bioskop.

6. Seat Distancing

Masih dalam rangka aturan yang dirilis oleh Satgas Covid-19 Pemerintah, menonton bioskop masih dibatasi kapasitas hingga 70% saja. Jadi masih jaga jarak.

Bila kamu menonton berpasangan dengan istri atau pacar, nggak bisa duduk sebelah-sebelahan, ya. Akan ada pemisah 1 bangku antara satu orang dan orang lainnya. Jangan mepet beli tiketnya agar dapat seat yang nyaman, minimal sederet bersebelahan meski ada seat distancing.

7. Pastikan Kondisi Sehat

Pastikan kondisi kamu sebelum dan ketika menonton film dalam keadaan sehat. Penonton dalam kondisi sakit seperti batuk, demam > 38 derajat celcius, pilek, flu, bersin, dilarang masuk ke dalam theater atau bioskop.

Infografik Nonton Bioskop Masa PPKM

Infografik nonton bioskop