binapayment.com – Hingga kini, perdebatan antara tetap menjadi wanita karir setelah menikah atau ibu rumah tangga masih hangat diperbincangkan. Padahal, setiap pilihan memiliki keuntungan dan konsekuensi masing-masing. Biasanya, salah satu pendapat yang muncul adalah bahwa sebagai wanita, Anda dituntut untuk tetap memiliki penghasilan sendiri walau sudah bersuami.

Pendapat tersebut memang tidak salah. Namun, mendapatkan penghasilan tidak selalu harus dengan menjadi wanita karir dan bekerja kantoran. Anda yang memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga juga tetap bisa mendapat penghasilan melalui berbagai bisnis menguntungkan. Berikut beberapa di antaranya 4 peluang bisnis untuk ibu rumah tangga.

Warung Kopi

Saat sedang berkendara, Anda pasti akan melewati setidaknya satu warung kopi di pinggir jalan. Warung kopi menjadi salah satu bisnis yang cukup populer. Kini, warung kopi tak hanya sebatas warung kaki lima atau warung bertenda. Kebanyakan warung kopi zaman sekarang berada di bangunan berbentuk rumahan atau ruko. Di dalamnya, mereka menyediakan banyak colokan listrik bagi pengunjung untuk men-charge ponsel dan koneksi Wi-Fi. Tidak ketinggalan televisi untuk mengadakan acara nonton bareng (nobar) jika ada pertandingan sepak bola.

Nah, apabila Anda memiliki lahan garasi tidak terpakai di rumah, Anda bisa menggunakannya untuk dijadikan bisnis warung kopi. Mengingat tingginya kebutuhan orang akan tempat nyaman dan murah untuk nongkrong, warung kopi dapat menjadi bisnis menguntungkan.

Day Care

Bisnis satu ini cocok bagi ibu rumah tangga yang tinggal di daerah perkotaan. Di zaman sekarang, banyak wanita yang menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir. Biasanya, mereka membutuhkan orang yang bisa dipercaya untuk menjaga dan mengasuh anak selagi mereka bekerja.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa membuka usaha penitipan anak atau day care. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa Anda memiliki ruangan kosong di rumah untuk dijadikan area bermain anak. Sediakan pula aneka mainan edukasi dan buku cerita untuk menghibur anak. Lalu, promosikan bisnis day care Anda ke tetangga, broadcast chat, hingga media sosial.

Penulis Lepas

Punya minat dan bakat dalam dunia menulis? Anda bisa memanfaatkannya sebagai bisnis menguntungkan untuk ibu rumah tangga, yakni dengan menjadi freelancer atau penulis lepas. Di era digital seperti sekarang, kebutuhan terhadap konten website semakin meningkat. Berbagai media digital dengan beragam tema pun banyak bermunculan. Hal ini membuat jasa penulis semakin banyak dicari.

Anda bisa aktif mencari lowongan penulis lepas di internet. Satu artikel biasanya dihargai cukup tinggi. Terlebih jika Anda dapat menulis dengan baik dalam Bahasa Inggris, tentunya jasa Anda akan semakin dibutuhkan. Anda hanya membutuhkan komputer atau laptop serta koneksi internet yang baik untuk menjadi penulis lepas.

Bisnis Online

Ini dia bisnis yang populer sejak beberapa tahun belakangan ini. Bentuk dari bisnis online ini cukup banyak. Sebagai contoh, Anda bisa menjadi reseller, yakni menjual produk milik orang lain melalui Instagram. Dengan begitu, Anda tak harus memiliki atau membuat produk sendiri. Biasanya, dalam bisnis online, produk yang sepertinya tak pernah sepi peminat adalah kuliner dan fesyen.

Ada satu lagi opsi bisnis online yang juga cocok untuk ibu rumah tangga, yakni Payment Point Online Bank (PPOB). PPOB adalah sebuah sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Pembayarannya bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, PDAM, BPJS, pulsa, internet, asuransi, kartu kredit, hingga voucher game. Anda hanya perlu mendaftar ke provider PPOB seperti Bina Payment dan langsung bisa menjalankannya dari rumah.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan. Keempat ide di atas dapat menjadi peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan. Tak hanya itu, bisnis-bisnis tersebut juga mudah diterapkan. Selamat mencoba!